Monday, September 27, 2010

Membuat Email

Membuat Email
Pengenalan Email
Email selalu dianalogikan dengan sebuah kotak surat. Hampir setiap oranng yang pertama kali mengenal computer, ingin sekali memiliki sebuah e-mail. Kita bisa mengirim atau menerima e-mail berbentuk teks, suara, video melalui email.

Jenis-jenis E-mail dan Perbedaannya
1. WEB BASED E-MAIL
Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud.
Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol).
Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
Ø Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
Ø Lebih cepat dan handal.
Ø Sangat mudah digunakan
Kekurangan :
Ø Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
Ø Harus dibuka satu persatu pada email
Kapasitas :Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.

2. IMAP
IMAP (Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port nomor 143.

Kelebihan :
# Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
# E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.
Kekurangan :
*Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.

3. POP3
POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP.
Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.
Kelebihan :
# Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
# Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
# Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
# Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
# Lebih cepat untuk mengirim email sekaligus
# Tidak perlu dikejar waktu untuk membalas email karena dapatmengetik email dengan offline dan baru dikirim.
Kekurangan :
* Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
* Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client, tidak bisa mengecek e-mail Anda dari sembarang tempat.
* E-mail berbasis POP3 lambat.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung e-mail dapat tak terbatas, tergantung besarnya kapasitas pada komputer lokal.

4. Forward E-mail
Forward e-mail adalah nama email netter yang di forward atau dipindahkan. Netter cukup meminta sebuah nama e-mail dan meminta ISP tersebut untuk memindahkan ke email lain.
Forward e-mail berfungsi mengalihkan (mengirim kembali) sebuah nama e-mail laindan server akan mengirimkan ke e-mail lain yang sudah ditentukan sewaktumeregistrasi. Forward e-mail tidak mengijinkan sebuah nama e-mail yangbouncing atau berpindah dengan nama yang sama. Bila ini dilakukan,e-mail forward akan menghapus forward e-mail tersebut.
Keuntungan:
# Berfungsi mengirim sebuah nama email ke nama email lain
# Dapat berganti-ganti (forward) ke server / nama email lain
Kerugian:
# Bertujuan hanya memindahkan email
# Attacment file biasanya dibatasi.
Attachment file dalam e-mail
Alat pelengkap, penempelan, adhesi. Istilah ini banyak digunakan dalam penggunaan email. Jika anda mengirim sebuah file melalui email, maka file tersebut disebut attachment. Attachment email dapat berupa jenis file apa saja.

E-mail gratis
e-mail gratis adalah e-mail yang tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuatnya.
Tetapi kompensasi gratis ini adalah banyaknya iklan yang masuk ketika kita menggunkan e-mail. Beberapa situs yang menyediakan e-mail gratis adalah yahoo.com, plasa.com, hotmail.com dan sebagainya.

Cara membuat e-mail di Yahoo.
1. Buka situs e-mail gratis, sebagai contoh kita buat e-mail di yahoo.
Ketik www.yahoo.co.id pada address-nya. Klik E-mail.

2. Klik Daftar.

3. Masukkan data sesuai form yang telah disediakan oleh yahoo. Setelah semua terisi klik buat akun saya. Ketika ada tanda merah setelah klik buat akun saya, berarti yang ada tanda merah butuh perbaikan
Tulis sesuai huruf dibawahnya
Buat Akun Saya

4. Ketika ID yang kita masukkan telah disediakan oleh yahoo. Maka kita sudah berhasil membuat email.
5.
Klik untuk melanjutkanMaka email yang telah kita buat siap untuk dipakai. Jika kita ingin membuka email yang baru kita buat tekan tombol Lanjutkan

6. Kita sudah masuk dalam email yang telah kita buat

7. Klik untuk melihat surat yang masukKlik kotak masuk untuk mengetahui pesan yang kita terima dari orang lain.

8. Klik untuk keluarKlik Sign Out atau keluar untuk keluar dari email kita.

E-mail gratis yahoo mempunyai beberapa keunggulan antara lain:
Kapasitas ruang, dengan kapasitas 1Gb kita bisa menerima ataupun mengirim file-file berukuran besar seperti file video. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia


Fasilitas E-Mail
@ Inbox
Merupakan tempat menyimpan surat atau email anda sebagimana layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer. anda dapat memeriksa surat-surat anda, membaca, menhapus serta mengelolahnya dari inbox. besarnya ruangan/kapasitas penyimpanan inbox berbeda-beda tergantung kebijakan yang telah diberikan oleh masing-masing situs layanan email tersebut.
@ Check mail
Merupakan fasilatas untuk mencek surat-surat yang baru masuk atau membaca surat-surat lama anda yang berada di inbox
@ Compose
Merupakan fasilitas link perintah untuk menmpilkan lembar pembuatan surat baru yang akan anda kirim.
@ Folders
Merupakan fasilitas pengarsipan bagi surat-surat anda, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang telah di terima.
@ Address Book
merupakan fasilitas untuk membuat dan menyimpan daftar alama e-mail (misalnya email relasi dan rekan anda)
@ Reply
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah enail yang sedang anda baca. melalui fasilitas ini anda tak perlu lagi menyalin email tujuan dan judul surat anda cukup mentik pesan balasan di atas pesan yang anda terima.
@ Forward
Merupakan fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang anda terima kepada orang lain tanpa melakukan perubahan isi email.
@ Trash
Merupakan tempat pembuatan sementara bagi email yang sudah anda hapus dan tidak andan perlukan lagi. email yang berada di trash akan di hapus penuh. salain itu, anda juga dapat mengosongkannya secara manual melalui perintah empty trash yang biasa juga disediakan.
@ attachment
merupakan fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang anda kirim (misalnya file dokument atau foto).
@ Options/configuration
Merupakan fasilitas untuk mengatur account e-mail anda seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, pemblokiran alamat email tertentu, perubahan password dan sebagainya.

@ Bulk mail
Fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu dan menyimpan secara otomatis perintah email baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu seperti email promosi atau sejenisnya (dapat diatur melalui Options)
E-mail hasil saringan akan dipisahkan dari inbox dan ditempatkan pada folder sendiri, yaitu bulk mail.
@ Signature
Fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian akhir setiap email baru yang anda kirim (dapat diatur melalui fasilitas options).
@ Sign Out/Log Out
Merupakan fasilitas link perintah untuk menutup dan keluar dari account email anda.
catatan : Klik tombol atau link sign out/log out jika selesai dan akan keluar dari layanan email. pastikan langkah ini anda lakukan agar proses akses email selanjutnya tetap berjalan lancar. hal ini penting mengingat sering terjadi permasalahan dan kesulitan dalam mengakses email pada sesi selanjutnya karena pengguna setelah memakai fasilat email langsung menutup jendela tampilan internet explorer atau langsung pindah ke alamat situs lain tanpa menutup fasilitas emailnya. yang dikhawatirkan juga jangan sampai pengguna lain mengotak atik isi email Anda.

No comments:

Post a Comment